Pasar Modal Untuk Pemula

Bursa Efek (Pasar Modal) Merupakan suatu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli surat-surat berharga (efek) yang bersifat jangka panjang. Yang antara lain dapat berbentuk saham,obligasi dan sebagainya yang merupakan efek yang bersifat jangkan panjang.Pasar Modal di Indonesia didirikan berdasarkan Keppres No.52/1976  tgl 27 desember 1976

Adapun Tujuan Didirikanya Pasar Modal Di Indonesia Adalah:
Menghimpun dana dari masyarakat guna membiayai pembangunan dengan jalan mengikutsertakan masyarakat atas kepemilikan saham ataupun obligasi.
Mempercepat dan memperluas partispasi masayarakat dalam kepemilikan saham atau surat berharga lainya untuk menciptakan pemerataan ekonomi
Fungsi dan Mamfaat Pasar Modal
Sebagai  sarana untuk memperoleh modal bagi perusahaan-perusahaan yang memerlukan tambahan modal yang diperutukkan untuk memperluas usaha (ekspasnsi)
Memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki saham  (Bukti  Kepemilkan) atas perusahaan
Sarana untuk mengendalikan perkembagan dunia usaha bagi pemerintah.
Saham (Stock)
Saham Merupakan suatu surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu badan usaha atau perusahaan atau dengan kata laibukti penyertaan moda atas suatu perusahaan.

Jenis-Jenis Saham

  1. Common Stock
  2. Prefered Stock

Resiko Dan Keuntungan Berinvestasi Pada Saham
Pada dasarnya semua  instrumen investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang memiliki resiko (risk) disatu sisi dan peluang memperoleh Keuntungan (Retrurn) Disisi yang lain.Pada dasarnya makin besar suatu resiko invetasi maka makin besar pula keuuntungan yang diharapkan oleh investor. Demikian pula sebaliknya.
Berikut Keuntungan yang mungkin timbul atas kepemilikan suatu saham.
Keuntungan
Capital Gain  Merupakan keuntungan dari hasil jual beli atas saham berupa kelebihan atas selisih atntara harga beli dengan harga jual
Deviden Yield
Deviden Yield  Merupakan Keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham perusahaan. Besarnya  dividen yang diterima tergantung pada besarnya Jumlah kepemilikan atas saham perusahaan bersangkutan.

Resiko Berinvestasi Pada Saham

  1. Capital Loss Merupakan  Suatu Kondisi  dimana harga jual saham turun (lebih Rendah dari harga beli)
  2. Likuidasi Merupakan  Kondisi Dimana Apbila Perusahaan Yang bersangkutan dinyatkan bangkrut oleh pengadilan atau perusahaan tersebut dibubarkan  maka pemegang saham bertanggung jawab atas kewajiban perusahaan sebesar  porsi kepemilikikan perusahaan yang bersangkutan.

Cara Berinvestasi Di Bursa Efek
Pada Dasarnya Bursa efek  merupakan tempat terjadinya transaksi atas efek-efek yang diperdagangkan.dimana terdapat banyak pedagang yang menjual efek atau disebut broker efek atau juga perusahaan efek. Sebelum melakukan transaksi jual beli saham di bursa efek maka investor berkewajiban membuka rekening terlebih dahulu pada perusahaan efek atau broker  yang terdaftar sebagai anggota bursa

Syarat Membuka Rekening efek

Jumlah Dana Yang Dibutuhkan Untuk Berinvetasi Di Bursa Efek
Di bursa efek indonesia tidak ada batasan jumlah minimal dana untuk membeli saham. Perdagangan saham di bursa efek ditentukan dalam satuan Lot  dalam Melakukan transaksi Baik Jual Maupun beli Satu Lot dapat Di artikan 500 Lembar Saham. Dan Itu Merupakan Jumlah Minimal Untuk melakukan transaksi di BEI.
Biaya-Biaya Yang Dibebankan Dalam Transaksi Saham
Adapun Komponen Harga Jual Dan Beli Saham Adalah Terlihat Seperti Tabel Di bawah:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s